Jembatan Bantar

Jembatan bantar Terletak diperbatasan sebelah timur Kabupaten Kulon Progo, menghubungkan Kabupaten Bantul dengan kabupaten Kulonprogo, terletak di Jalan Nasional, membentang di atas Sungai Progo. Sebuah sungai yang menjadi pembatas wilayah Kabupaten Sleman dan Bantul di sisi timur dan Kabupaten Kulon Progo di sisi barat. Yang menjadi arsitek pembuatan jembatan Bantar ini adalah Ir. Soekarno yang dibangun tahun 1926.
Bentangan Jembatan Bantar Lama ini memiliki ukuran panjang sekitar 220 meter. Lebar jembatan kira-kira 5 meter. Ketinggian jembatan dari permukaan air Sungai Progo sekitar 25 meter.

Konstruksi jembatan bertipe cable stayed dan suspension bridges (jembatan gantung). Jembatan Bantar terdiri atas bentangan baja yang bertumpu pada tiang beton bertulang yang ditanam di ruas sungai. Konstruksi baja tersebut diperkuat dengan bentangan kawat baja pilin dengan diameter sekitar 5 Cm. Bentangan kawat baja yang menjadi penyangga beban gantung atau tekan ini berjumlah 9 buah pada masing-masing sisi jembatan. Dengan demikian kawat baja keseluruhannya berjumlah 18 buah. Kedelapan belas kawat baja pilin yang bertugas membantu menyangga beban tekan ini juga berfungsi sebagai penyangga (menggantung) jembatan. Untuk mengunci ujung-ujung kawat baja tersebut digunakan plat baja lengkung setengah lingkaran yang sekaligus juga berfungsi sebagai bibir-bibir jembatan, baik di sisi timur maupun sisi barat. Kawat-kawat baja tersebut ditumpangkan dan mengikuti lengkungan bibir jembatan dan dimasukkan ke dalam struktur beton bertulang di bagian tiang jembatan paling pinggir. Untuk lebih menguatkan dan mengunci kawat baja tersebut digunakan banyak sekrup dan baut yang mematikan posisi kawat baja di atas plat baja lengkung tersebut.
Jembatan ini juga dilengkapi dengan sistem roda atau roll pada keempat ujungnya. Hal tersebut berfungsi untuk membuang beban dan getaran yang didapatkan oleh jembatan tersebut.

Suasana-Hiruk-Pikuk-Peresmian-Jembatan-Bantar-Sentolo-Sekitar-Tahun-1926

Suasana Peresmian Jembatan Bantar tahun 1926

doc. source : http://watespahpoh.net/wp-content/uploads/2015/01/Suasana-Hiruk-Pikuk-Peresmian-Jembatan-Bantar-Sentolo-Sekitar-Tahun-1926.jpg

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: