Keistimewaan Yogyakarta dari Tata Ruang Wilayah dan Lokasi

Dari sisi topografi letak Ngayogyakarta terletak di antara enam sungai yang mengapit secara simetris yaitu sungai Code dan Winanga di ring pertama, sungai Gajahwong dan kali Bedog di ring kedua , serta sungai Opak dan sungai Progo di ring ketiga. Sebelah utara ada gunung Merapi yang masih aktif dan sebelah selatan ada laut Selatan. Kondisi lokasi ini memiliki nilai historis dan filosofis yang sangat tinggi, sehingga dipilih oleh Pangeran Mangkubumi karena dapat menggambarkan perilaku dirinya sebagai raja dalam hubungannya dengan kawula. Pemilihan lokasi ini dapat dianalogikan dengan pemilihan lokasi bangunan suci oleh orang – orang Hindu. Menurut kitab-kitab suci agama Hindu untuk lokasi bangunan suci yang berupa candi dipilih tempat yang berbeda dengan alam sekitarnya karena menampakkan kekuasaan dewa atau keajaiban lainnya. Puncak gunung dan lereng bukit, daerah kegiatan vulkanik, dataran tinggi yang menjulang di atas tepi lembah, tepian sungai atau danau, tempat bertemunya dua sungai. Daerah ini baik untuk lokasi bangunan suci.
Apabila ditelusuri aliran sungai Progo dan Elo memiliki padanan dengan sungai Gangga dan Jamuna di India yang tidak jauh dari tempat itu terletak bangunan suci kota Bodh Gaya dan stupa Bharhut. Di Indonesia Candi Borobudur dan Ngayogyakarta diapit oleh dua sungai besar, yaitu di ring paling luar, sungai Opak dan sungai Progo, dan di ring paling dalam adalah sungai Code dan Winongo. Puncak gunung menurut mitologi Hindu merupakan tempat bersemayamnya para dewa yang di Yogyakarta diwakili dengan Gunung Merapi.
Kondisi tata ruang wilayah dan lokasi mulai mengalami perubahan sehingga tidak sesuai lagi dengan landasan filosofi dan unsur utama pembentuk kawasan sehingga perlu dikembalikan dan diatur dengan tegas dalam sebuah Perda ataupun peraturan yang bersinergis dengan Perda lain untuk materi terkait.

Dari berbagai Sumber

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: